Blog ini saya buat semata-mata hanya untuk membagi sedikit ilmu yang saya punya dengan harapan mendapat lebih banyak ilmu dari para pembaca.

8 Hal yang dimiliki pembicara Terbaik


Sebagian besar orang sukses adalah pembicara-pembicara yang sukses. Tidak mengherankan, demikian juga sebaliknya. Jika anda telah mengembangkan kemampuan itu-dan itu dapat dikembangkan-kemampuan untuk berbicara dengan baik, Anda akan sukses. Kalau merasa sudah sukses, Anda dapat membuat diri Anda menjadi lebih sukses dengan menjadikan diri anda pembicara yang lebih baik.
Orang sukses yang tidak dapat mengekspresikan diri? Saya kira tidak ada. Nihil, mungkin mereka tidak pandai omong-omong kecil, atau mungkin mereka tidak pandai berbicara didepan umum. Tetapi mereka cukup pandai berbicara dalam suasana yang cukup berbeda, untuk meraih sukses dan bahkan kebesaran.
Tidak ada yang menyebut Harry Truman sebagai orator ulung, tapi banyak yang menganggapnya sebagai presiden hebat, alasannya adalah: ia pembicara terbaik dalam urusan politik, dan meskipun ia bukan pembicara yang memikat, tetapi ia komunikator yang baik, karena ia berusaha agar pembicaraannya mudah dipahami. Ia tidak retoris, tetapi ia meluncurkan gagasannya dalam bahasa Inggris yang jelas dan langsung. Tak seorangpun bisa mengumpulka tanggung jawab presiden dengan lebih baik daripada kalimat singkat Trauman, “Dolar berhenti disini!!”. Begitulah pembicara yang baik
Lyndon Johnson, sama seperti Trauman, tidak jauh berbeda, tapi tak seorangpun dapat menandinginya jika ia berbicara kepada anda, merebut simpati anda di lobi Senat.
Martin Luther King Jr. berhasil karena alasan yang sama sekali berlawanan dengan Trauman dan Johnson. Ia pembicara public yang luar biasa, ahli pidato yang dapat dan benar-benar menggetarkan seluruh negeri dengan kemampuan bicaranya yang tak tertandingi didepan mikrofon di atas panggung.
Bagi kebanyakan kita yang terpenting adalah mengefektifkan percakapan sehari-hari, entah dalam suasana social maupun bisnis. Kalau mengingat lagi semua orang yang pernah saya ajak berbicara, saya mencatat beberapa persamaan yang dimiliki para konversasionalis terbaik, yaitu:

Ciri-Ciri Pembicara Terbaik

1.Mereka memandang suatu hal dari sudut baru, mengambil titik pandang yang terduga pada subjek umum
2.Mereka mempunyai cakrawala luas. Mereka memikirkan dan membicarakan isu-isu dan pengalaman luas diluar kehidupan mereka sehari-hari
3.Mereka antusias, menunjukan minat yang besar pada apa yang mereka perbuat dalam kehidupan mereka dan pada apa yang anda katakan pada kesempatan itu
4.Mereka tidak pernah membicarakan diri mereka sendiri
5.Mereka sangat ingin tahu. Mereka bertanya “Mengapa?” mereka ingin lebih mengetahui tentang apa yang Anda katakana
6.Mereka memberi ketegasan. Mereka berusaha menempatkan diri pada posisi anda untuk memahami apa yang anda katakana
7.Mereka mempunyai selera humor. Dan mereka tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri. Sungguh, konversasionalis terbaik sering mengisahkan pengalaman lucu mereka sendiri
8.Mereka mempunyai gaya bicara sendiri

0 comments: